UPGRADING ILMPI WILAYAH II

Hari Pertama (Jum’at, 04 Juni 2021)

Kegiatan upgrading Wilayah II dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada hari Jumat, 04 Juni 2021. Upgrading kali ini dihadiri oleh para pengurus yang berasaldari dua puluh enam kampus yang berada di Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat & Banten) yakni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Gunadarma, Universitas Mercu Buana Jakarta, Universitas Jaya Baya, Universitas Tama Jagakarsa, Universitas Bunda Mulia, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas YARSI, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pembangunan Jaya Bintaro, Universitas Esa Unggul, Universitas Islam 45 Bekasi, Universitas Paramadina, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Persada Indonesia Y.A.I, Universitas Katolik Atmajaya, Universitas Pelita Harapan, Universitas Tarumanegara, Universitas Pancasila, Universitas Bhayangkara Jakarta, Universitas Nasional Pasim, dan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Upgrading dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan memberikan link pretest kepada pengurus ILMPI Wilayah II di grup obrolan Whatsapp dan chat zoom meeting sebelum mulai pada pemberian materi.

Setelah itu, dilanjutkan oleh pemateri pertama, yaitu Muhammad Aminullah, S.Psi. Adapun materi yang dibawakan mengenai “Sejarah dan Pengenalan ILMPI”. Pembahasan yang dibahas antara lain adalah gambaran sejarah pembentukan ILMPI, latar belakang alasan pembentukan ILMPI, dinamika Musyawarah Kerja Nasional ILMPI, sejarah terbentuknya wilayah II, dan demisioner koodinator wilayah ILMPI Wilayah II.

Kemudian, pemaparan materi kedua dibawakan oleh Achmad Mursid Prawira dengan materi mengenai “Konstitusi”. Adapun pembahasan yang dibahas adalah mengenai pengertian, tujuan, serta fungsi dari konstitusi. Setelah itu pemateri juga menjelaskan lima konstitusi yang dimiliki oleh ILMPI yaitu AD/ART, GBHO, GBHK, dan BPU beseta pengertian dan fungsinya. Pemateri juga menjelaskan perbedaan dari ke lima konstitusi tersebut juga hubungannya antar satu sama lain.

Terakhir, Pemaparan materi ketiga dibawakan oleh Dimas Arya Hananto dengan materi mengenai “Analisis Sosial”. Adapun pembahasan yang dibahas, yaitu mengenai bagaimana pandangan mengenai permasalahan sosial di masyarakat, bagaimana memahami norma masyarakat serta bagaimana menyesuaikan diri serta beradaptasi mengenai bagaimana kita berperilaku yang baik dalam bermasyarakat.

Sebelum menutup upgrading wilayah hari pertama ini, pengurus ILMPI Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat & Banten) yang telah hadir diminta untuk mengisi lembar posttest. Presensi kehadiran secara keseluruhan pada kegiatan upgrading ini dihadiri sebanyak 48 orang. Pada pukul 17.45 WIB, kegiatan pun ditutup oleh MC Dian dan semua peserta upgrading meninggalkan room Zoom.

Hari Kedua (Sabtu, 05 Juni 2021)

Kegiatan upgrading Wilayah II yang kedua dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting pada hari Sabtu, 05 Juni 2021. Upgrading ini dihadiri oleh para pengurus dari dua puluh enam kampus yang berada di Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat & Banten). Upgrading dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan memberikan link pretest keseluruhan materi pada pengurus ILMPI Wilayah II di chat zoom meeting dan meminta semua pengurus yang untuk mengisinya terlebih dahulu.

Materi keempat mengenai “Teknik Etika Sidang” dibawakan oleh Ardhi Reyhan Eka Putra, S.Psi. Pembahasan yang dibahas dalam materi ini adalah kelengkapan sidang, baik itu membahas mengenai presidium sidang, peserta sidang, palu sidang, draft sidang, lembaran konsideran, manual sidang, dan tata tertib sidang secara umum. Adapun hal lain yang dibahas oleh pemateri yaitu, istilah-istilah dalam persidangan, diantaranya quorum, skorsing, lobbying dan interupsi.

Kemudian, dilanjutkan dengan materi kelima yang dibawakan oleh Najmuddin Somadi, S.Psi., yaitu materi mengenai “Manajemen Konflik”. Di dalam materi manajemen konflik ini pemateri memberikan pemahaman mengenai apa itu manajemen konflik, faktor-faktor penyebab terjadinya konflik, serta memberikan pemahaman pentingnya tanggung jawab dan mengidentifikasi aspek apa saja yang dapat membuat konflik terjadi. Pemateri juga membahas apa saja yang perlu dilakukan agar kita mampu mengelola konflik, cara agarmeminimalisir konflik dan aspek positif maupun negatif dalam konflik. Pada pukul 11.00 WIB setelah pemateri kedua diisi dengan Ice Breaking yang dipimpin oleh MC & Moderator acara sampai dengan pukul 11.15 WIB yang kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pemateri ketiga.

Terakhir acara diisi dengan pengisi materi keenam dengan judul “Pelatihan Kesekretariatan” Oleh Kiki Ramadhani Haidah, S.Psi. yang menjelaskan bagaimana cara membuat surat menyurat yang meliputi kop surat, tanggal surat, nomor surat, prihal, lampiran, alamat yang dituju, salam pembuka, pembuka surat, isi surat, penutup surat, salam penutup, tanda tangan dan stempel. Setelah membahas surat menyurat kemudian pemateri membahas internal memo dan notulensi, dan terakhir membahas tentang proposal kegiatan. Setelah memaparkan materi pemateri melakukan kesempatan kepada peserta untuk memberikan pertanyaan.

Kegiatan upgrading hari kedua ditutup setelah para pengurus ILMPI Wilayah II (DKIJakarta, Jawa Barat & Banten) yang telah hadir diminta untuk mengisi lembar posttest.Presensi kehadiran secara keseluruhan pada kegiatan upgrading ini dihadiri sebanyak 48 orang. Pada pukul 12.10 WIB, kegiatan pun ditutup oleh MC Dian & Moderator Rahma dan semua peserta upgrading meninggalkan room Zoom.

Hari Ketiga (Minggu, 06 Juni 2021)

Kegiatan upgrading Wilayah II yang ketiga dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting pada hari Minggu, 06 Juni 2021. Upgrading ini dihadiri oleh para pengurus dari dua belas kampus yang berada di Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat & Banten) yakni dari dua puluh enam kampus yang berada di Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat & Banten). Upgrading dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan memberikan link pretest keseluruhan materi pada pengurus ILMPI Wilayah II di chat zoom meeting dan meminta semua pengurus yang ikut lebih awal untuk mengisinya terlebih dahulu.

Kegiatan pemaparan materi dimulai oleh pemateri ketujuh yaitu Ammar Syahidillah, S.Psi. Adapun materi yang di bawakan mengenai ”Manajemen Organisasi ILMPI ”, pembahasan yang di bahas antara lain model diagnostik level organisasi, level divisi, dan level individu secara umum serta memberikan pemahaman terkait bentuk dan manfaat kerja sama tim. Tidak hanya itu, dibahas pula mengenai bagaimana bentuk kerja sama tim yang efektif dan saran terkait program yang dapat dijalankan di masa pandemik ini.

Materi ketujuh berakhir pada pukul 09.50 WIB. Materi selanjutnya, yaitu materi kedelapan mengenai “Team Work Building” oleh Nilam Permata Sari, S.Psi., membahas materi mengenai analisis sosial. Pemateri membahas mengenai definisi dari organisasi terlebih dahulu lalu masuk ke pembahasan teamwork building. Pemateri menjelaskan pengertian dari team work building serta mengapa kita perlu menerapkan teamwork building dalam organisasi. Pemateri juga menjelaskan mengenai perbedaan team dan kelompok, team yang efektif, alasan kenapa team tidak berjalan dengan baik, ciri-ciri ketua dan staff yang baik, tahapan pengembangan, serta cara untuk membangun rasa kebersamaan.

Terakhir acara ditutup dengan pemberian materi terakhir yaitu “Administrasi Keuangan” Oleh Uswah Ainiya Adapun yang dibahas mengenai Badan Keuangan ILMPI beserta ketentuan badan pada setiap lembaga. Selain itu, pemateri juga membahas mengenai Rancangan Anggaran Belanja Organisasi (RABO), Surat perintah Mengeluarkan Uang (SPMU) dan Surat Tanda Terima Uang (STTUserta pada saat kapan digunakan beberapa hal tersebut. Pematri pun membahas mengenai prosedur pencarian dana organisasi, yang dimulai dari market research, penentuan dan pemasaran. Selanjutnya, cara membuat surat perintah mengeluarkan uang (SPMU),  Surat Tanda Terima Uang (STTU), dan juga mengenai Laporan Badan Keuangan Nasional (Laporan Quartal) serta matriks kegiatan untuk Badan Keuangan. Selanjutnya, masuk ke sesi tanya jawab dan berakhir pada pukul 11.40 WIB.

           Kemudian, peserta diminta untuk mengisi posttest dan acara upgrading pun ditutup oleh MC dan Moderator pukul 11.50 WIB. Upgrading terakhir ini dihadiri oleh 36 peserta. Dengan berakhirnya upgrading ini, berakhir pula rangkaian acara dan peserta dipersilahkan untuk kembali ke aktivitas masing masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *