INFOGRAFIS: KENALI EMOSIMU

“Apa sih lo marah-marah mulu emosian banget!”

Kita pasti gak asing dengan kalimat seperti itu. Banyak orang menganggap bahwa keadaan emosi itu adalah ketika seseorang sedang kondisi marah atau termperamen dan sering juga dibilang bahwa orang yang marah tersebut “emosian”. Sebetulnya tidak bisa dikatakan salah dengan pernyataan tersebut, tetapi sebenarnya emosi itu tidak hanya ekspresi yang marah-marah lho… Lalu emosi itu apa sih?

Apa itu emosi?

Emosi adalah kondisi psikologis yang kompleks dan melibatkan pengalaman subjektif, respons fisiologis, dan respons perilaku. Pengalaman emosi sangat berkaitan dengan kognisi dan fisiologis seseorang. Emosi dipengaruhi oleh tiga hal dalam diri kita, yaitu subjektivitas, respons tubuh, dan respons perilaku (Cherry, 2019, 2021)

Emosi merupakan pengaruh yang dapat melibatkan gairah fisiologis seperti detak jantung, pengalaman sadar seperti ketika jatuh cinta, dan ekspresi perilaku seperti tersenyum atau menangis (King, 2019).  

Emosi bukan hanya kondisi marah, beberapa ahli menjabarkan jenis-jenis emosi. Pada tahun 1972, Paul Ekman mengklasifikasikan ada enam emosi dasar:

  • Bahagia
  • Sedih
  • Marah
  • Jijik
  • Terkejut 
  • Takut

Lalu, tahun 1999 ia memperluasnya dengan memasukkan sejumlah emosi dasar lainnya, yaitu rasa malu, rasa muak, bangga, kepuasan, dan hiburan.

Pada tahun 1980-an, Robert Plutchik memperkenalkan klasifikasi emosi yang dikenal sebagai “wheel of emotion” atau roda emosi. Model ini seperti mencampur warna primer untuk menciptakan warna lain. Ini menunjukkan emosi yang berbeda dapat digabungkan menjadi emosi lain.

Jadi emosi itu bukan hanya marah ya Psychofams! 

Emosi tentu memiliki pengaruh besar pada proses kognitif manusia, seperti persepsi, perhatian, pembelajaran, memori, penalaran, dan pemecahan masalah. 

Memori atau Ingatan yang melibatkan emosi akan cenderung lebih lama menetap (Wade et al., 2017). Psychofams pasti gak asing dengan fenomena gagal move on. Seseorang yang gagal move on itu terjadi karena ingatan tersebut melibatkan emosi di dalamnya. Emosi tersebut tentu bukan hanya marah yaa Psychofams! Nah, memori tersebut meliputi emosi marah, bahagia, dan sebagainya.

Jadi jangan salah mengira kalau perilaku emosi hanya marah yaa Psychofams!

Referensi

Cherry, K. (2019, July 17). Emotions and Types of Emotional Responses. Verywellmind.Com. https://www.verywellmind.com/what-are-emotions-2795178

Cherry, K. (2021, April 6). The 6 Types of Basic Emotions and Their Effect on Human Behavior. Verywellmind.Com. https://www.verywellmind.com/an-overview-of-the-types-of-emotions-4163976

King, L. A. (2019). Experience psychology (Fourth edition). McGraw-Hill Education.

Wade, C., Tavris, C., & Swinkels, A. (2017). Psychology (Twelfth edition). Pearson.

2 thoughts on “INFOGRAFIS: KENALI EMOSIMU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *