[Media Partner] Psychocare 2021

Pada tanggal 21 Agustus 2021, telah dilaksanakan acara Psychocare 2021 yang bertemakan “Whoever You Are, Be Authentic and Get Mindfulness to Accept Yourself”. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, sebagian dari panitia sudah berada di kampus dari pukul 07.00 WIB untuk mempersiapkan acara secara offline. Pada pukul 08.58 WIB, peserta acara Psychocare 2021 sudah mulai bergabung ke dalam zoom meeting. Sembari menunggu seluruh peserta bergabung ke dalam zoom meeting, peserta yang sudah bergabung disajikan alunan musik yang menenangkan. Lalu, panitia memberikan link absensi dan pre-test di kolom pesan zoom meeting pada pukul 09.02 WIB. Pada pukul 09.03 WIB, sudah ada 53 partisipan di dalam zoom meeting. MC acara Psychocare 2021, yaitu Saudari Sysca Ardhanareswari Brilliancy dan Saudara Muhamad Syahdi Brata menghimbau peserta untuk mengisi link absensi dan pre-test pada pukul 09.04 WIB.

Acara Psychocare 2021 dibuka oleh MC pada pukul 09.09 WIB. Pada pukul 09.12 WIB, MC memandu doa bersama sebelum mulainya acara. Pada pukul 09.14 WIB, MC memandu peserta untuk menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Hymne Universitas Pancasila”. Peserta dan panitia dengan khidmat bernyanyi mengikuti lagu “Indonesia Raya” dan “Hymne Universitas Pancasila” hingga pukul 09.18 WIB. MC mengarahkan ketua pelaksana untuk memberikan sambutan. Terjadi kesalahan teknis pada pukul 09.21 WIB yang membuat sambutan ketua pelaksana tidak sampai selesai. Kemudian, pada pukul 09.21 WIB pembukaan dilanjutkan dengan sambutan dari Ka. SEMA F. Psi-KMUP, yaitu Saudari Fahira Nurul Inayah yang penuh dengan pengapresian hingga pukul 09.24 WIB. Sambutan dilanjutkan oleh Ka. Komisi III BPM F. Psi-KMUP mengantikan Ka. BPM F. Psi-KMUP yang berhalangan untuk hadir pada acara. Sambutan Ka. KOM III BPM F. Psi-KMUP selesai hingga pukul 09.26 WIB. 

Lalu, sambutan dilanjutkan oleh Ka. Bag. Kemahasiswaan F. Psi-UP, yaitu Bapak Muhammad Akhyar, M. Si dengan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu proses acara sampai selesai dan sambutan tersebut berakhir hingga pukul 09.30 WIB. Kemudian pada pukul 09.30 WIB, MC membacakan profil pembicara kami, yaitu Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog. Kemudian, pada pukul 09.32 WIB, MC melanjutkan penanyangan video profil Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog dan dapat dilihat bahwa peserta sangat tertarik kepada video profil tersebut. Tayangan video profil berakhir pada pukul 09.34 WIB. Selanjutnya, pada pukul 09.35 WIB MC kembali mengingatkan kepada peserta untuk menyalakan kamera dan menggunakan backrground acara Psychocare 2021 yang telah diinformasikan sebelumnya.

MC dan Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog melakukan sesi chit-chat, kemudian masuk ke dalam sesi materi. Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog memulai dengan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, yaitu Dekan F. Psi-UP, Wadek I F. Psi-UP, Ka. Bag. Kemahasiswaan F. Psi-UP, dan Ketua Pelaksana. Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog melakukan chit-chat seputar Eksistensial Gen Z di Instagram, yang diawali bersama Bapak Muhammad Akhyar, M. Si, hingga pukul 09.46 WIB. Lalu, dilanjutkan chit-chat dengan Ka. SEMA F. Psi-KMUP, yaitu Fahira Nurul Inayah hingga pukul 09.47 WIB. Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog memanggil salah satu peserta, yaitu Hakim Alfikri untuk chit-chat bersama masih seputar Eksistensial Gen Z di Instagram hingga pukul 09.48 WIB.

Pada pukul 09.49 WIB, jumlah peserta yang bergabung ke dalam zoom meeting sudah bertambah menjadi 91 peserta. Kemudian, Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog memulai materinya dengan memamparkan materi mengenai ideal-self dan real-self. Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog mengarahkan peserta untuk menuliskan krisis atau masalah masalah apa yang sedang di hadapi peserta. Lalu, pada pukul 10.03 WIB, Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog mengajak salah satu peserta, yaitu Saudari Nani untuk sharing atau bercerita secara langsung mengenai permasalahnya. Saudari Nani memaparkan permasalahannya bahwa ia masih mempertanyakan karir untuk karyawan dan mengalami kebingungan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi atau tidak. Pada pukul 10.04 WIB, sesi sharing selesai dengan ditutup oleh harapan dari Saudari Nani setelah mengikuti acara Psychocare 2021.

Pada pukul 10.06 WIB, Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog menjelaskan mengenai materi “Dynamic Psychology: Kubler Ross Model” hingga pukul 10.13 WIB. Kemudian, pada pukul 10.13 WIB, Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog mengembalikan kepada MC untuk melaksanakan tanya jawab. Pada pukul 10.14 WIB, MC mempersilakan peserta untuk bertanya dengan meng-klik raise hand, lalu menyalakan kamera, dan microphone. MC memberikan informasi tambahan bahwa peserta dengan pertanyaan terbaik akan mendapatkan hadiah dari acara Psychocare 2021. Salah satu peserta, yaitu Saudari Vinnt Shoffa bertanya tentang bagaimana cara untuk dapat bersikap mindfulness. Kemudian, pertanyaan tersebut langsung ditanggapi oleh Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog, bahwa mindfulness dapat dilakukan dengan self-awareness. Pukul 10.23 WIB, jumlah peserta bertambah sebanyak 96 peserta. Lalu, sesi tanya-jawab bersama Saudari Vinnt Shoffa berakhir pada pukul 10.30 WIB.

Selanjutnya, Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog memanggil satu orang peserta untuk menceritakan permasalahan dan kenangan menyenangkan dari masa kecil hingga pukul 10.40 WIB. Salah satu peserta, yaitu Saudari Reni menceritakan permasalahan tersebut hingga pukul 10.45 WIB dan ditanggapi oleh Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog dengan menjelaskan mengenai “growth mindset” hingga pukul 10.56 WIB. Pada pukul 10.57 WIB, peserta lainnya, yaitu kepada Mba Luthfiana bertanya mengenai bagaimaa cara mencari “why” yang baru, saat “why” yang sebelumnya sudah hilang, hal yang dimaksudkan adalah saat kejadian nenek dari Saudari Lufhfiana meninggal. Pertanyaan tersebut ditanggapi oleh Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog dengan memaparkan materi “resiliensi”. Pada pukul 11.05 WIB, Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog menghimbau peserta untuk juga menemukan “why”-nya.

Pada pukul 11.07 WIB, MC mempersilakan peserta untuk bertanya, yaitu dari Saudari Syafika Ayu Amanda. Pertanyaan tersebut ditanggapi oleh Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog untuk membuat “emission goal” hingga pukul 11.15 WIB. Lalu pada pukul 11.16 WIB, peserta selanjutnya, yaitu Balqis Nashita menceritakan masalah yang terjadi pada dirinya dan ditanggapi oleh Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog tentang komunikasi yang efektif dalam keluarga hingga pukul 11.25 WIB. Kemudian, acara dilanjutkan dengan melakukan praktik mindfulness hingga pukul 11.40 WIB. Setelah melakukan praktik mindfulness, acara dilanjutkan dengan pemilihan pertanyaan terbaik oleh Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog yang memilih Saudari Nani sebagai penanya terbaik. Lalu, dari pihak panitia memilih satu penanya terbaik, yaitu Saudari Syafika.

Pada pukul 11.49 WIB, MC menutup acara Psychocare 2021 dan Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog berpesan “Make yourself a priority once in a while, is not selfish”. Pada pukul 11.50 WIB, Ibu Aully Grashinta, M. Si., Psi menambahkan sepatah dua patah untuk Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog sebelum pamit dari zoom meeting. Kemudian pukul 11.52 WIB, MC mengarahkan peserta untuk melakukan ice breaking. Ice breaking di pimpin oleh sie. Acara, yaitu Saudari Ulva Andini dan Saudari Balqis Nashita hingga pukul 12.00 WIB. Setelah melakukan Ice breaking, panitia juga menyampaikan insight dari melakukan ice breaking. Kemudian, acara dilanjutkan dengan melakukan games, yang sebelumnya sudah dijelaskan peraturan games-nya, setelah bermain games ada 6 orang pemenang yang berhasil menjawab pertanyaan games tersebut sesuai dengan materi yang sudah di sampaikan oleh Mba Analisa Widyaningrum, M. Psi., Psikolog, masing-masing pemenang mendapatkan hadiah berupa e-money sebesar 50 ribu rupiah untuk masing-masing peserta. Kemudian pukul 12.13 WIB MC mempersilakan peserta untuk mengisi absen dan post-test. Lalu diadakan sesi foto bersama, sekaligus penutupan acara Psychocare 2021. Pada pukul 12.17 WIB, MC pamit undur diri yang menandakan Psychocare 2021 sudah selesai dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *