July 18, 2021

Sejarah ILMPI

Sebelum lahirnya ILMPI, sudah ada organisasi kemahasiswaan psikologi tingkat nasional terdahulu, yaitu IMAPSI (Ikatan Mahasiswa Psikologi se-Indonesia), ISEMAPSI (Ikatan Senat Mahasiswa Psikologi Seluruh Indonesia), LMPsi (Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) dan LMPI (Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia).

Pada tanggal 18 Februari 2006, para inisiator mengundang perwakilan mahasiswa psikologi dari seluruh Indonesia untuk membicarakan Pra Deklarasi berdirinya sebuah organisasi mahasiswa psikologi tingkat nasional. Lalu, pada tanggal 21-23 April 2006 di Yogyakarta, dideklarasikan pendirian organisasi yang bernama LMPsi (Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) dengan Aris Saputra dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai Sekretaris Jendral

Pada 1 hingga 3 Mei 2009 di Hotel Pramesthi  Surakarta, Universitas Sebelas Maret mengadakan Temu Organisasi Psikologi (TOPSI) se-Jawa Tengah dan DIY yang dihadiri oleh 15 Perguruan Tinggi di Jawa Tengah & Daerah  Istimewa Yogyakarta. Dimana mendirikan kembali Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (LMPI) di Jawa Tengah & DIY. Hingga akhirnya, pada tanggal 13 Mei – 16 Mei 2010 di Surakarta hadirlah 29 Perguruan Tinggi dari seluruh Jawa dan Bali untuk menyepakati bahwa perlu adanya forum musyawarah nasional yang mengundang perwakilan mahasiswa Psikologi seluruh Indonesia dari Sabang sampai Marauke dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  menyanggupi untuk menjadi tuan rumah musyawarah nasional.

ILMPI didirikan pada tanggal 26 Januari 2011 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui Musyawarah Nasional I bertema “Mozaik Psikologi”. ILMPI merupakan organisasi kemahasiswaan psikologi tingkat nasional satu-satunya yang menghimpun mahasiswa psikologi seluruh Indonesia yang diwakili oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) dari masing-masing Perguruan Tinggi sebagai anggotanya. Menurut peraturan Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI).

Selama 8 tahun, ILMPI telah menjadi organisasi dimana mahasiswa psikologi berkumpul, bertukar pikiran, serta bergerak untuk pembangunan Indonesia. ILMPI sebagai organisasi nasional mencoba untuk selalu selaras dengan cita- cita Negara Republik Indonesia yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan segala hal yang dimiliki yaitu semangat, loyaitas, komitmen, dedikasi, dan daya juang tiada henti.