Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenppa) RI menjelaskan Bullying atau penindasan/perundungan merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Sedangkan self-esteem merupakan sebuah pikiran, perasaan, dan pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri. Kesehatan self-esteem ini ditentukan oleh seberapa kamu bisa percaya dengan diri sendiri, mencintai diri sendiri, mengapresiasi diri sendiri, dan menghargai diri sendiri.

Jenis-jenis Bullying

  1. Kontak fisik langsung: memukul, mendorong, menggigit
  2. Kontak verbal langsung: mengancam, mempermalukan, merendahkan
  3. Non-verbal langsung: melihat dengan sinis, menjulurkan lidah, mengejek
  4. Non-verbal tidak langsung: mendiamkan seseorang, memanipulasi persahabatan
  5. Cyber bullying: video intimidasi, pencemaran nama baik
  6. Sexual bullying atau pelecehan seksual: komentar kasar, Gerakan vulgar, sentuhan tanpa persetujuan

Penyebab Bullying

Bullying kerap kali terjadi dikarenakan individu yang memiliki control diri rendah, kehidupan keluarga yang tidak harmonis, adanya teman sebaya yang membuat pelaku bullying semakin menjadi, tontonan televisi atau media massa yang kurang mendidik di mana ada unsur kekerasan yang menjadi bibit pembullyan, adapaun penyebab lain seperti penampilan fisik, perbedaan kelas sosial, tradisi senioritas, karakter buruk pelaku bully.

Dampak Bullyinh

Adanya bullying yang terjadi pada remaja bisa menyebabkan self-esteem atau harga diri yang dimiliki oleh remaja menurun, hal ini disebabkan korban bullying yang mendapat perlakuan tidak wajar dari pelaku dan bisa merasa tidak percaya diri dengan dirinya sendiri. Sehingga korban bullying bisa kurang produktif dalam kesehariannya dan mempengaruhi performa diri.

Contoh Kasus

Mahasiswa UGM Loncat dari Lantai 11: Dugaan Bunuh Diri

Penyebab mahasiswa itu bunuh diri yaitu adanya masalah psikologi diduga korban sudah konsultasi ke psikolog namun masalah tidak terselesaikan dengan baik sehingga korban putus asa dampaknya terhadap harga diri yang menurun ketidakpercayaan diri yang mengakibatkan korban bunuh diri.

REFERENSI

Redaksi, Tim. (2022, Juli 25). Memahami Apa Itu Bullying, Penyebab, dan Cara Mengatasinya. CNBCIndonesia.

Talitha, Tasya. (2022, Agustus). Self Esteem: Arti, Faktor, dan Cara Meningkatkan Self Esteem. GramediaBlog.

Detikcom, Tim. (2022, Oktober 10).  Mahasiswa UGM Loncat dari Lantai 11: Dugaan Bunuh Diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *