Psychology Connected (Psyconnect) merupakan program kerja dari Badan Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat yang mengkoordinasikan anggota ILMPI Wilayah II terkait gerakan pengabdian masyarakat. Tujuan psyconnect ini untuk melakukan program kerja BPPM ILMPI Wilayah II, menunjukkan tanggung jawab dengan berkontribusi terhadap kebutuhan psikologis anak-anak melalui sosialisasi minat dan bakat pada perkembangan anak kepada orang tua yang mengasuh,  memberikan sosialisasi kepada warga dengan kategori dewasa awal (early adulthood) hingga dewasa akhir (late adulthood) tentang produktifitas pengembangan kerajinan ekonomi kreatif sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan fisiologis hingga psikologis. Melaksanakan pembangunan tugu sebagai bentuk identitas desa dan bentuk dukungan ILMPI terhadap kemajuan Desa Sikulan, Kec. Jiput.

Manfaat dari Psyconnect yaitu menerapkan keilmuan psikologi yang sudah dipelajari di dalam kampus dan langsung merealisasikannya di masyarakat seperti di kegiatan-kegiatan psyconnect ini. Dalam kegiatan psyconnect ini, terdapat banyak kegiatan yaitu : lomba voli, belajar melukis, sosialisasi produktivitas (pengembangan bibit lele), membuat majalah dinding, dan makan bersama perangkat desa. Sasaran dari Psyconnect ini adalah seluruh masyarakat desa Jiput. Program kerja psyconnect ini, dipublikasikan melalui short movie melalui social media ILMPI Wilayah 2 yang nantinya dapat dinikmati dan ditonton oleh Khalayak ramai. Psyconnect ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 27-29 Januari 2023 dan diikuti oleh sekitar 30 orang yang terdiri dari anggota serta pengurus ILMPI Wilayah II, Pengurus Nasional ILMPI, Relawan ILMPI, DPO ILMPI Wilayah 2, BEM F Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani, dan BEM F Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Di hari sebelum hari Psyconnect, tim tugu sudah sampai dahulu yang sampai pada pukul 18:00, 25 Januari 2023 di kediaman teh Yeni. Dihari tersebut kita mensurvey harga bahan-bahan untuk keperluan membuat tugu. Pada tangga 26 Januari 2023, tim tugu membangun tugu yang berada diperbatasan Desa Sikulan dan Desa Sukamana yang bertujuan untuk mewujudkan rasa terima kasih kepada Desa Sikulan karena mau terbuka dan mau bekerjasama dengan ILMPI Wilayah II. Dan pada Tanggal 27 Januari 2023 pukul 16:30, tugu telah jadi dengan dibantu oleh kuli dan bapak Eri yaitu salah satu perangkat desa yang diutus oleh Kepala Desa.

Di hari pertama yaitu pada Jum’at 27 Januari 2023, seluruh partisipan Psyconnect sampai di rumah salah satu perangkat desa yaitu rumah ibunya teh Yeni pada pukul 14:30 dan beristirahat terlebih dahulu dan mengobservasi desa guna mencari informasi untuk disukusi malam yang bertujuan untuk membahas kegiatan yang akan dilaksanakan esok hari. Pada pukul 17:00–20:00 divisi konsumsi menyiapkan hidangan makan malam dan seluruh partisipan Psyconnect makan malam Bersama beserta pemilik rumah. Pada pukul 21:30-23:00 seluruh partisipan Psyconnect berdiskusi untuk menyiapkan kegiatan esoknya yaitu lomba voli, belajar melukis, dan membuat majalah dinding. Semua sepakat dan telah membagi tim disetiap kegiatan.

Di hari kedua yaitu pada Sabtu 28 Januari 2023, pukul 08:00 belajar melukis dimulai di salah satu Taman Kanak-kanak di Desa Sikulan tepatnya di depan kator Desa. Diluar rencana, ternyata anak-anak SD yang menjadi target untuk belajar melukis ini melebihi perkiraan yang dimana perkiraan peserta yang datang yaitu 21 anak dan ternyata yang datang 50 anak lebih. Akhirnya tim belajar melukis berinisiatif untuk membagi kelompok agar medali yang ingin diberikan kepada anak-anak bisa merata tiap kelompoknya.

Bertepatan dengan kegiatan belajar melukis, lomba voli diadakan pukul 9:00 yang dimana diikuti oleh 4 team dari setiap kampungnya. Pertandingan voli sangat sengit disaat final dikarenakan adanya kejar mengejar skor dan juara 1 mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp.150.000 dan piala, juara 2 mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp.125.000 dan juara 3 mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp.75.000. Uniknya pertandingan voli ini diluar ekspetasi dikarenakan mulainya yang tidak sesuai rundown karena peserta lomba voli baru bisa memulai pada pukul 9:00 dan selesai pada pukul 14:00, dan beristirahat dari pukul 12:00 hingga 13:00.

Selain lomba voli dan belajar melukis, ada kegiatan yaitu membuat majalah dinding yang bertempat di kantor Desa Sikulan. Tim mading sudah menyicil mengerjakan majalah dinding ini sejak dirumah perangkat desa yang disinggahi partisipan Psyconnect dan sesampainya di kantor Desa, tim majalah dinding hanya melanjutkan dan meletakkan papan didepan kantor desa yang dimulai pukul 13:30 hingga 15:30. Diluar rundown acara, tentunya tim masak sudah dahulu menyiapkan makanan agar seluruh partisipan Psyconnect bisa makan tepat waktu. Yaitu pada pukul 15:30 hingga 19:30 dan mempunyai waktu istirahat, berbersih, beribadah, dan makan. Pada pukul 19:30 hingga pukul 22:00 seluruh panitia mengadakan evaluasi kegiatan pada hari itu dan membahas persiapan untuk hari esok yaitu hari Minggu.

Pada hari terakhir yaitu hari Minggu 29 Januari 2023 kita mengadakan senam terlebih dahulu yang di ikuti semua partisipan Psyconnect dan dimulai pada pukul 08:00 di lapangan Taman Kanak-kanak sampai pukul 09:00.

Dilanjutkan kegiatan sosialisasi yang dimulai pada pukul 09:00 hingga 11:30. Sosialisasinya berisikan tentang produktivitas dengan cara mengembangkan ternak lele dikarenakan hanya beberapa di Desa Sikulan yang berternak lele dan sebenarnya itu bisa menjadi peluang bisnis sekaligus menjadi kegiatan positif untuk masyarakat Desa Sikulan. Di kegiatan Sosialisasi, ada sesi tanya jawab dan berbincang kepada masyarakat Desa Sikulan yang menghadiri kegiatan tersebut. Tidak sedikit yang mencurahkan hatinya tentang pekerjaan, masalah tidak bisa tidur normal, hingga percintaan. Selagi tim sosialisasi menjalankan kegiatan sosialisasinya, tim memasak menyiapkan masakan untuk kegiatan makan-makan dengan perangkat desa. Pada pukul 11:30, kegiatan sosialisasi sudah selesai dan segera pulang ke rumah singgah yaitu rumah ibunya teh Yeni. Selagi istirahat dan yang lain membantu tim masak dikarenakan yang perlu disiapkan untuk makan bersama lumayan banyak.

Pada waktu istirahat itu, M. Fathurrahman selaku Koordinator ILMPI Wilayah II periode 2022/2023, Janice Amadea selaku Ketua Pelaksana Psyconnect periode 2022/2023, dan Nuno Rekso selaku PIC Psyconnect periode 2022/2023 mendokumentasikan peresmian tugu yang dibuat oleh tim tugu beserta kuli  bersama kepala Desa Sikulan yaitu bapak Jamaksari.

Dan acara terakhir yaitu acara makan bersama dimulai pukul 15:00 yang diadakan di Kantor Desa Sikulan yang diikuti seluruh partisipan Psyconnect dan beberapa perangkat desa. Acara makan Bersama bertujuan untuk menjalin silahturahmi lebih kepada perangkat desa, rasa berterimakasih, berpamitan untuk pulang kepada perangkat Desa, sekaligus menjadi acara penutup untuk Psyconnect periode 2022/2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *