Sumber : jatitimes.com


Syifa Raihan MT

Badan Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan
Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia Wilayah II

 

Hi Psychofams, Kalian tau gak sih kalau setiap orang pastipunya karakteristik kepribadiannya masing-masing? Dimana kepribadian itu mempengaruhi semua aktifitas kita, bagaimana kita berperilaku, dan bagaimana kita melakukan sesuatu, dan pasti kalian sudah gak asing kan sama yang namanya Introvert dan Extrovert? Yuk cari tau lebih dalam ada apa aja sih tipekepribadian itu, dan bagaimana cara mengetahuinya, mari di Simak ya!

Definisi Kepribadian

Kata personality dalam bahasa inggris berasal dari bahasaYunani-kuno prosopon atau persona yang artinya “topeng”, yang biasa dipakai artis dalam teater. Jadi, konsep awal dari pengertian personality (pada masyarakat awam) adalah tingkah laku yang ditampakkan pada lingkungan sosial, kesan mengenai diri yang diinginkan agar dapat ditangkap oleh lingkungan sosial. (Alwisol., 2009). kepribadian adalah pola perilaku yang konsisten dan proses interpersonal yang terjadi dalam diri individu. Sedangkan menurut Feist & Feist., (2009), kepribadian didefinisikan sebagai pola watak yang relatif permanen dan karakter yang unik dimana keduanya memiliki konsistensi dan keunikan pada perilaku individu.

Dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam dunia sekolah, kerja ataupun dalam rumah tangga selalu memperlibat dan memperlihatkan keperibadian, manusia pada umumnya memiliki dua kepribadian, yaitu extrovert dan introvert, pertama kali dipopulerkan oleh Carl Jung pada tahun 1921. Dimana perilaku extrovert cenderung mengisi energi mereka dengan bersosialisasi dan beraktivitas, berpikir secara efektif ketika ada berinteraksi dengan sekitarnya, kurangnya aktivitas bersama orang lain membuat energi individu dengan kepribadian habis dan terasa melelahkan. Berlawanan dengan perilaku introvert, dimana senang berpikir dan melakukan refleksi untuk mengisi ulang energi mereka yang dimana suka mengkaji ulang pikiran-pikiran, dan selalu berpikir panjang sebelum mengutarakan pendapat mereka.

Apa aitu MBTI?

Penilaian MBTI dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers dengan mengembangkan teori Carl Jung yang mengelompokkan sifat manusia menjadi 16 tipe kepribadian. 16 kepribadian ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang membentuk empat kode huruf dengan total 16 tipe. Tipe-tipe kepribadian ini biasa disingkat menjadi ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ, dan ENTJ.

Untuk Apa sih Kegunaan Tes MBTI Itu?

Tes MBTI ini memiliki tujuan, antara lain :

1. Membantu individu  untuk memahami  kepribadiannya.
2. Memahami kekuatan maupun kelemahan yang dimilikiindividu.
3. Memahami preferensi  komunikasi diri sendiri.
4. Memahami bagaimana individu berinteraksi dengan orang lain.

Ada kepribadian apa aja sih di MBTI?

Instrumen MBTI menggunakan empat dikotomi untuk mengidentifikasi preferensi seseorang, yang selanjutnya dikombinasikan menjadi satu tipe kepribadian.

1. Ekstrovert (E) dan introvert (I) berbicara mengenai cara individu mengisi ulang energi mereka.
a. Ekstrovert (E) : Mengarahkan energi kepada dunia luar seperti manusia maupun benda.
b. Introvert (I) : Mengarahkan energi kepada dunia dalam dirinya sendiri seperti pengalaman dan ide-ide.
2. Sensing (S) dan intuition (N) berbicara bagimana seseorangmenangkap sebuah informasi.
a. Sensing (S) : Berfokus terutama kepada apa yang dapatdirasakan oleh panca Indera.
b. Intuition (N) : Berfokus terutama kepada  pola persepsidan hubungan timbal-balik.
3. Thinking (T) dan Feeling (F) berbicara cara seseorang mengambil keputusan.
a. Thinking (T) : Mendasarkan kesimpulan atau Analisa secara logis dengan berfokus pada objektivitas.
b. Feeling (F) : Mendasarkan kesimpulan kepada nilaipribadi atau sosial dengan berfokus kepada pemahamandan harmoni.
4. Judging (J) dan Perceiving (P) berbicara bagaimana seseorang menghadapi lingkungan luarnya.
a. Judging : Dimana lebih memilih ketegasan Ketika berhubungan dengan dunia luar dan menggunakan salah satu proses pengambian keputusan (Thinking atau Feeling).
b. Perceiving : Lebih menyukai fleksibilitas dan spontanitasKetika berhubungan dengan dunia luar dan menggunakan salah satu proses dalam mempersepsi (Sensing atau Intuition).

Empat dikotomi tersebut akan membentuk empat kode huruf yang menggambarkan kepribadian seseorang. (Prem, 2007, p. 7)

Sekarang udah tau kan kepribadian apa aja yang ada pada Tes MBTI? Terus kalian ada di kepribadian yang mana nih? Yuk kalian bisa langsung tes dan mengenali tipe kepribadian kamulewat sini yah! https://satupersen.net/quiz/tes-kepribadian-mbti

 

SUMBER

Yoga, T, K, K., Margana, Wahyudi, A, T. (2015). “PerancanganBuku Ilustrasi Panduan 16 Tipe Kepribadian dan BidangPekerjaannya Untuk Murid SMA.” Jurnal DKV Adiwarna. 6 (1).

adminwilayahdua Badan Penelitian dan Pengkajian Keilmuan (BPPK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *