Syifa Raihan MT
Badan Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan
Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia Wilayah II

 

Psychofams, kalian pernah gak sih, punya teman kembar? Awalnya mungkin kita kesulitan untuk membedakan mereka, tapi semakin lama kita jadi lebih tahu ciri khasnya masing-masing. Ternyata serupa layaknya orang kembar belum tentu sama, loh. Nah, sama hal nya dengan borderline personality disorder dan bipolar disorder. Secara garis besar kedua mental disorder tersebut mungkin terlihat serupa tetapi sebenarnya beda, loh. Yuk, kita cari tau lebih dalam tentang borderline personality disorder dan bipolar disorder ini!

 

Definisi Borderline Personality Disorder dan Bipolar Disorder

Borderline Personality Disorder adalah kondisi mental yang menyebabkan seseorang kesulitan dalam meregulasi emosi dirinya. Sedangkan bipolar disorder adalah penyakit kejiwaan yang mengakibatkan perubahan ekstrim dalam mood, energi juga kemampuan seseorang untuk berpikir jernih. Secara sekilas kedua disorder ini terlihat sama, tapi sebenarnya ada gak sih kemiripannya?

 

Kemiripan Borderline Personality Disorder dan Bipolar Disorder

Ternyata para peneliti telah mengatakan jika relasi kedua mental disorder ini ada pada ketidakstabilan emosi nya. Seseorang dengan borderline personality disorder atau bipolar disederhanakan seringkali mengalami perubahan perasaan drastis, seperti senang ke sedih dalam kurun waktu yang singkat. Salah satu kemiripan lainnya yaitu adanya perilaku impulsif. Penelitian menunjukan jika orang dengan borderline personality disorder dan bipolar disorder memiliki tendensi untuk melakukan suatu tindakan, tanpa dipikirkan terlebih dahulu (impulsif).

 

Perbedaan Borderline Personality Disorder dan Bipolar Disorder

Jika pada dasar karakteristiknya sama lalu apa ada perbedaannya?

Jelas ada dong! Perbedaannya lebih mengacu pada kualitas, durasi dan pemicu kedua disorder tersebut.

Kualitas : orang dengan borderline personality disorder lebih cenderung merasa sakit hati, kesepian, dan kemarahan. Sedangkan, bipolar disorder mengalami mania dan depresi.
Durasi : borderline personality disorder cenderung terjadi dalam waktu yang singkat antara jam dan menit. Sedangkan bipolar disorder terjadi jauh lebih lama bahkan dapat berlarut sampai berhari-hari atau berminggu-minggu
Penyebab : pada borderline personality disorder penyebab seringkali dikarenakan stressor dari lingkungan luar seperti konflik dalam keluarga. Di sisi lain, bipolar disorder terjadi tanpa pemicu luar dan terjadi secara tiba-tiba saja.

Selain dari aspek-aspek di atas, perbedaan lainnya yang menjembatani kedua disorder tersebut ada pada gejala dan cara penanganannya nih!

Gejala : penderita borderline personality disorder cenderung memiliki gejala umum seperti perubahan suasana hati secara drastis, depresi kronis, ketakutan akan ditinggalkan dan munculnya pemikiran untuk melukai diri sendiri (self-harm). Sedangkan bipolar disorder cenderung memiliki gejala yang lebih bervariasi yang juga dibagi menjadi 2 episode, yaitu manic dan depresif. Saat episode manic penderita akan memasuki tahapan tertinggi sehingga ia lebih mudah tersinggung, mudah marah, banyak berbicara dan gampang terdistraksi. Namun pada saat episode depresif penderita akan lebih lesu, kurang motivasi, jarang berbicara serta mengalami insomnia.
Pengobatan : orang dengan borderline personality disorder akan mendapatkan penanganan utama berupa psikoterapi. Selain itu, banyak psikiater juga menyarankan untuk mengatur ulang pola hidup menjadi lebih sehat, seperti tidur yang cukup, perbanyak olahraga dan mengikuti seminar psikoedukasi. Di sisi lain, orang yang menderita bipolar disorder akan menerima pengobatan yang lebih kompleks, yaitu psikoterapi dan obat-obatan. Terapi yang dijalankan pun beragam mulai dari cognitive-behavioral therapy, psikoedukasi, hingga family-focused therapy. Dalam penanganannya banyak psikiater yang menawarkan obat, seperti obat penyeimbang suasana hati, antipsikotik, dan antidepressant untuk menangani episode depresif.

Apakah keduanya saling berelasi?

Walaupun secara garis besar keduanya terlihat sama, nyatanya sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan relasi antara borderline personality disorder dan bipolar disorder. Para peneliti sendiri sedang berusaha untuk mencari tahu lebih dalam faktor biologis penyebab kedua disordertersebut.

Nah, sekarang kalian jadi lebih paham kan tentang ciri khas, persamaan dan perbedaan dari borderline personality disorder dan bipolar disorder. Eitsss… tapi jangan sampai kalian melakukan self-diagnosed, ya! Kalau kalian merasa ada persamaan ciri, beranikan diri untuk bercerita bisa dari sahabat sampai psikolog. Ingat, memprioritaskan kesehatan diri kalian bukan hal yang egois kok!

 

DAFTAR PUSTAKA

Legg, T. J. (2019, October 4). Borderline Personality Disorder vs. Bipolar Disorder. Healthline. Retrieved February 17, 2022, from https://www.healthline.com/health/borderline-personality-disorder-vs-bipolar

Pedneault, K. S. (2020, February 18). Differences Between Bipolar Disorder and BPD. Verywell Mind. Retrieved February 17, 2022, from https://www.verywellmind.com/bipolar-and-borderline-personality-disorder-425418

Polizzi, M. (2021, March 16). BPD vs. Bipolar: Symptoms and Treatment. Verywell Health. Retrieved February 17, 2022, from https://www.verywellhealth.com/bpd-vs-bipolar-5096132